Kamis, 01 November 2018

10 Makanan Tradisional Khas Sunda

1. Nasi Liwet


Nasi Liwet merupakan makanan yang sangat sering disajikan saat acara kumpul-kumpul. Nasi Liwet juga biasanya disajikan dengan tambahan ikan teri, daun serai, tahu, dan juga ayam goreng.
Uniknya dari Nasi Liwet adalah rasa nasinya yang sedikit manis dan kental dengan wangi santen kelapa kental.

2. Nasi Timbel


Sajian dari Nasi Timbel sendiri agak mirip dengan sajian dari Nasi Liwet. Hanya saja, Nasi Timbel umumnya disajikan dengan bungkusan daun pisang.

3. Nasi Tutug Oncom


Mungkin masih banyak yang belum pernah mendengar mengenai Nasi Tutug Oncom. Hidangan yang berasal dari Tasikmalaya ini merupakan campuran dari nasi dan juga olahan kedelai aliasoncom.

4. Karedok


Karedok adalah makanan khas Sunda yang disajikan dengan sayur-sayuran mentah. Yang membedakan Karedok adalah siraman bumbu kacang yang melimpah.
Karedok juga dilengkapi dengan tambahan kerupuk bawang di atasnya.

5. Lotek


Lotek merupakan makanan hidangan yang hampir sama dengan Karedok. Sama-sama menggunakan bumbu kacang dan kerupuk, Lotek lebih menyajikan sayur-sayuran rebus seperti bayam, kapri, dan kacang panjang.

6. Bakakak Hayam


Bakakak Hayam adalah masakan khas Sunda yang unik, umumnya Bakakak Hayam menggunakan dada ayam yang dibelah hingga terbuka dan ditusukan hingga membentuk sebuah bakakak.

7. Soto Bandung


Soto Bandung umumnya menggunakan daging sapi has dalam atau tetelan.
Yang membedakan Soto Bandung dari yang lainnya adalah penambahan kacang kedelai goreng dan juga lobak di kuahnya.

8. Soto Mie


Soto Mie sendiri adalah jenis masakan khas Sunda yang menyajikan mie dengan kuah kaldu yang kental.
Umumnya, Soto Mie menggunakan tambahan tauge dan kacang kedelai goreng untuk menambahkan sedikit rasa manis.

9. Mie Kocok



Jika kalian pergi jalan-jalan ke Bandung tentunya kalian akan menemukan Mie Kocok. Mie Kocok menggunakan mie pipih telur dengan kuah kaldu dan kikil.

10. Sate Maranggi


Sate Maranggi yang khas menggunakan daging sapi atau ayam ini sebenarnya mempunyai asal usul yang cukup menarik.
Awalnya, Sate Maranggi adalah makanan asing dari para pendatang China yang menetap di Indonesia. Daging yang awalnya digunakan pun adalah daging babi. Makanan ini juga mempunyai cita rasa yang sangat kuat akibat cara pemasakannya. Daging biasanya direndam di bumbu sebelum dibakar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar