Selasa, 30 Oktober 2018

5 Seni Budaya Indonesia yang Mendunia


   Indonesia memiliki beragam suku bangsa.  Hal ini menjadikan Indonesia kaya dengan keberagaman dan seninya. Karena setiap suku bangsa memiliki ciri khasnya masing-masing.  Ini juga menjadi daya tarik bagi wisatawan dari berbagai negara.
1. Batik

   Batik termasuk ciri khas indonesia. Telah ditetapkan sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi oleh UNESCO pada tanggal 2 oktober 2009. Karena itu pada tanggal tersebut diperingati hari batik Nasional.
   Batik itu pertama diperkenalkan kepada dunia oleh mantan Presiden RI, Soeharto yang ketika itu memakai batik pada konferensi PBB. Jadi kita semua harus bangga memakai batik. Karena ternyata sudah dikenal oleh negara lain. Dan kita harus tetap memperkembangkannya supaya Seni dan Budaya Indonesia tetap ada.
2. Angklung


   Angklung merupakan alat musik bernada ganda, yang berkembang secara tradisional dalam masyarakat sunda. Angklung terbuat dari bambu,  dibunyikan dengan cara digoyangkan.  Angklung telah mendapat pengakuan resmi dari UNESCO sebagai bagian dari warisan budaya.
Negara seperti Korea, Jepang, dan Malaysia telah memperkenalkan angklung pada anak-anak usia sekolah.  Dan kita jangan kalah oleh negara lain yang memperkenalkan budaya kita sendiri pada generasinya.
3. Wayang


   Seni pertunjukan asli indonesia yang berkembang di Pulau Jawa dan Bali.  Dalam perkembangan wayang terdapat berbagai jenis, seperti wayang kulit,  wayang golek, dan wayang orang dengan cerita yang semakin berkembang.  Dan pertunjukan wayang ini masih bisa disaksikan sampai saat ini, bahkan ada program televisi swasta yang sering menayangkan pertunjukan wayang orang yang di sertai dengan humor.
4. Reog


    Kesenian yang masih kental dengan hal-hal mistis.  Pertunjukan yang berasal dari Ponorogo Jawa Timur,  biasanya menampilkan sosok "Warok" dan "Gemblak" kisah asal usul reog yang paling populer yaitu seorang abdi kerajaan Majapahit pada abad ke-15 yaitu Ki Ageng Kutu.
5. Tari Kecak


   Merupakan tari pertunjukan masal atau hiburan yaitu seni drama dan tari karena seluruhnya menggambarkan seni peran dari lakon pewayangan seperti Rama Sita.  Tari Kecak biasanya ditunjukan dalam hal kerauhan yaitu kekebalan acara gaib sehingga tidak terbakar api.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar