Senin, 05 November 2018

Cemilan Khas Sunda

1. Batagor


Camilan ini merupakan bakso dari campuran daging ikan tenggiri, tepung tapioka dan bumbu lainnya yang dibalut dengan kulit pangsit lalu digoreng kering. Disiram bumbu kacang, kecap manis, dan perasan jeruk nipis. Tambahkan saos atau sambal untuk mendapatkan rasa yang lebih pedas.
Camilan khas Sunda yang satu ini pasti sudah banyak tersedia bukan hanya di kota asalnya saja, Bandung, tapi juga di kota-kota lainnya di Indonesia. Kalian pasti pernah coba yang satu ini kan?

2. Basreng 


Cemilan khas Sunda yang satu ini berupa bakso ikan yang kemudian diiris tipis dan digoreng lalu diberi bumbu. Basreng ini populer di kalangan anak-anak dan remaja karena biasanya dijual di lingkungan sekolah ataupun warung kecil. Tapi seiring berkembangkanya teknologi sekarang juga banyak yang menjual online.

3. Cireng 


Terbuat dari tepung kanji atau biasa disebut aci, dibentuk pipih atau lonjong setelah adonan selesai dibentuk, akan digoreng hingga bagian luarnya kering.  Orang sunda biasanya menikmati cireng dengan bumbu cocolan, seperti bumbu rujak atau bumbu kacang. Sekarang banyak ditemukan cireng dimanapun, dengan berbagai isian dan bumbu.

4. Cilok


Cilok juga salah satu camilan khas Sunda yang terbuat dari tepung aci yang dicampur dengan air. Adonan ini lalu diaduk hingga lentur dan liat, diberi isian seperti irisan daging ayam. Sebelum direbus atau dikukus akan dibentuk bulat seperti bakso cilok yang sudah matang disiram dengan bumbu kacang atau kecap, dan cara makannya dengan dicolok.

5. Cimol


Terbuat dari tepung kanji (aci) yang dibuat bulat-bulat kecil dan digoreng. Cimol biasanya dijual di pinggir jalan area persekolahan ataupun dengan gerobak keliling. Harganya murah? Sangat terjangkau! Hanya membayar Rp.2000,- hingga Rp.5000,-an saja kalian bisa menikmati cimol hangat dengan pilihan bumbu tabur sesukamu.

6. Cilung


Masih berbahan dasar aci,  adonannya digulung dengan tusuk sate. Menyerupai kerak telur, tapi bentuknya gulungan dan setelah itu diberi bubuk serundeng ataupun abon, tergantung selera kalian. Tentunya masih banyak lagi cemilan-cemilan Khas Sunda yang wajib kalian coba. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar